Ayah, Tahukah Kamu Kapan Anakmu Mimpi Basah Pertama Kali?

Ayah, Tahukah Kamu Kapan Anakmu Mimpi Basah Pertama Kali?

Dunia merayakan Hari Ayah pada Selasa (18/6) kemarin. Hari ini diperingati untuk memberikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap perjuangan dan kasih sayang seorang ayah.

Sayangnya, di tengah gema perayaan Hari Ayah, banyak anak justru tumbuh tanpa kehadiran ayah. Hadir di sini tak melulu menyoal kehadiran secara fisik, tapi juga emosional.

Absennya ayah secara emosional untuk anak kini dikenal dengan istilah fatherless. Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena fatherless telah menjadi sorotan.

Padahal, kelekatan dengan ayah punya peran penting dalam tumbuh kembang anak.

Dalam program bincang-bincang soal parenting di kanal YouTube Nikita Willy Official, ustaz sekaligus aktivis dan konselor ketahanan keluarga Bendri Jaisyurrahman mencontohkan fatherless dengan ketidaktahuan seorang ayah tentang kapan anak laki-lakinya mengalami mimpi basah pertama kali.

“Banyak para ayah yang ketika ditanya tidak tahu kapan anak lelakinya pertama kali mimpi basah,” ujar Bendri dalam program tersebut.

Keberadaan barrier atau batas membuat seorang anak enggan bercerita tentang pengalaman mimpi basahnya pada ayah. Di tengah abad digital seperti sekarang, bukan tak mungkin jika si anak akan mencari tahu sendiri dan berujung pada informasi yang salah kaprah.

“Ini jadi pintu masuk pihak lain yang merasa ini sebagai peluang. Dan anak, boleh jadi tidak punya keinginan untuk bercerita,” ujar Bendri.

Sebagai seorang konselor, Bendri juga sempat menangani banyak anak-anak ‘bermasalah’. Saat ia mencoba mencari akar masalahnya, hampir semua jawabannya sama: punya ayah tapi merasa yatim.

“Mereka bilang, fungsi bokap cuma dua. Pertama, memberi nafkah. Kedua, memberi izin menikah,” ujar Bendri.

Ayah, lanjut Bendri, tak mampu melakukan perannya sebagai ‘pagar’ penjaga nilai.

Dari segi agama Islam, ayah sendiri telah disimbolkan dalam sosok Nabi Yakub. Bendri mengatakan, dialog-dialog yang terjadi hanya berlangsung antara Nabi Yakub dan putranya, Nabi Yusuf.

“Allah memberi tahu bahwa betapa mulianya peran seorang ayah sampai disimbolkan pada seorang nabi yang dikesankan enggak ada kerjaan lain, hanya mengurus anaknya saja,” ujar Bendri.

Budaya patriarki mau tak mau jadi salah satu penyebab utama fenomena fatherless. Konsep ini membangun pola di mana ayah hanya berperan sebagai pencari nafkah, sementara ibu punya peran besar dalam urusan domestik, termasuk di antaranya mengasuh anak.

Pemerhati anak sekaligus eks Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan, konstruksi gender yang terbentuk di Indonesia membuat seolah-olah ayah tak perlu tahu urusan domestik, termasuk soal anak.

“Semua urusan domestik dikerjakan oleh ibu,” ujar Rita.

Padahal, psikolog anak di Unit Anak dan Remaja Sajiva RSK Jiwa Dharmawangsa Mira Amir mengatakan, kehadiran ayah sangat penting bagi perkembangan kognitif anak.

“Peran ayah ini salah satunya dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan anak untuk menemukan problem solving yang efektif, membantu anak untuk mendapatkan kematangan kognitif yang baik,” ungkap Mira.

Absennya ayah dalam tumbuh kembang jelas akan berpengaruh buruk pada anak di masa depan.

CNNIndonesia.com akan mengulas berbagai hal terkait fenomena fatherless yang belakangan ramai jadi sorotan dari beberapa sisi dalam fokus Ayahku Sayang, Ayahku ‘Hilang’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *