Viral Diet Kopi Americano, Efektif buat Turunkan Berat Badan?

Viral Diet Kopi Americano, Efektif buat Turunkan Berat Badan?

Konsep diet kopi americano viral di media sosial. Seorang warganet di platform TikTok menyebut kopi hitam tanpa gula itu sukses membantunya menurunkan berat badan.

Dalam video yang diunggah, ia mengaku bukan seorang peminum kopi. Namun, ia merasa ada perubahan dari tubuhnya setelah rutin minum americano.

Ia mengatakan, americano yang diminumnya itu berhasil menurunkan berat badannya dan menekan nafsu makannnya.

Dokter spesialis gizi Putri Sakti mengatakan, americano memang bisa membantu proses penurunan berat badan. Kopi ini bisa dijadikan pilihan minuman yang sehat dan baik untuk diet.

“Boleh [americano] dikonsumsi secara rutin asalkan tidak ditambahkan gula, pemanis, dan tidak memicu terjadinya asam lambung meningkat,” ujar Putri, Senin (8/10

Namun, Putri mengingatkan, diet kopi americano tak serta merta menurunkan berat badan dengan sendirinya. Anda tetap dianjurkan mengkombinasikan konsumsi americano dengan asupan makanan bergizi, olahraga rutin, dan istirahat yang cukup demi mendapatkan hasil maksimal.

“Selama melakukan diet dengan menggunakan americano ini pola makan harus tetap menyesuaikan kebutuhan kalori hariannya dengan komposisi makanan yang seimbang,” ujar Putri.

Kopi hitam tanpa gula sendiri memang dikenal rendah kalori. Mengutip Healthline, secangkir kopi hitam tanpa gula umumnya mengandung 5-10 kalori.

Salah satu senyawa aktif dalam kopi, kafein, juga ditemukan dapat membantu memobilisasi lemak.

Kafein menstimulasi sistem saraf, yang mengirimkan sinyal langsung ke sel lemak dan memberikan perintah untuk memecah sel lemak.

Selain itu, khasiat menurunkan berat badan pada kopi juga didapat dari kemampuannya dalam mendorong proses metabolisme. Semakin tinggi laju metabolisme, semakin mudah proses penurunan berat badan berlangsung.

Studi menunjukkan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 3-11 persen. Menariknya, sebagian besar peningkatan metabolisme disebabkan oleh meningkatnya pembakaran lemak.

Namun, efek yang sama bakal kurang terasa pada pasien obesitas. Studi menunjukkan, kafein meningkatkan pembakaran lemak hingga 29 persen pada orang dengan berat badan ideal, dan hanya 10 persen pada orang dengan kelebihan berat badan.

Meski diet kopi americano disebut ampuh untuk menurunkan berat badan, namun konsumsinya juga harus diperhatikan baik-baik. Utamanya, bagi orang dengan masalah asam lambung seperti GERD.

Orang dengan GERD disarankan untuk menghindari asupan kopi karena bisa meningkatkan produksi asam lambung. Jika pun ingin, maka minum kopi saat perut tidak dalam kondisi kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *