Survei Ungkap Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia Rendah

Survei Ungkap Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia Rendah

Sebuah survei terbaru mengungkap bahwa tingkat konsumsi susu di Indonesia masih rendah. Hanya sebagian kecil responden minum susu setiap hari.

Survei yang diinisiasi platform Jakpat melibatkan 1.238 responden untuk ditanya tentang produk susu, turunannya, serta alternatifnya.

Hasilnya, susu hewani jadi susu yang paling banyak dikonsumsi (75 persen). Sementara itu, hanya sedikit (16 persen) responden yang minum susu setiap hari.

“Kesadaran tentang pentingnya konsumsi susu terus bertumbuh, terlihat dari 75% responden pernah mengonsumsinya. Namun, tingkat konsumsinya masih rendah, karena hanya 16% yang mengonsumsinya setiap hari,” kata Aska Primadi, Head of Research Jakpat, dalam keterangan resminya, Kamis (3/10).

Sementara itu, hampir setengah responden minum susu beberapa kali dalam seminggu dan 20 persen minum susu beberapa kali dalam sebulan.

Susu nabati tetap banyak peminat

Mayoritas memang menyukai susu hewani. Responden yang berasal dari kelas ekonomi atas memilih susu UHT (90 persen), sedangkan dari kelas ekonomi bawah memilih kental manis (77 persen).

Yang menarik, cara konsumsi susu hewani tidak hanya diminum langsung (92 persen), tapi juga jadi campuran kopi (30 persen) dan campuran sereal, granola, atau smoothies (27 persen).

Di sisi lain, sebagian memilih susu nabati sebagai alternatif susu sapi. Sebanyak 38 persen memilih susu nabati karena preferensi rasa dan kandungan nutrisinya.

Susu nabati paling populer adalah susu kedelai (86 persen), disusul susu almond (48 persen), dan susu oat (42 persen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *