Jangan Minum Teh dan Kopi di Waktu Ini, Bisa Bikin Berabe

oke gas

Kapan Anda suka meminum teh atau kopi? Hati-hati, teh atau kopi sebenarnya tak disarankan diminum pada waktu-waktu berikut.

Kopi dan teh jadi dua jenis minuman favorit banyak orang. Kedua minuman ini kerap dikonsumsi pagi hari. Beberapa orang meminumnya dengan alasan untuk menjaga konsentrasi.

Kopi tanpa campuran apa pun disebut sebagai minuman yang sehat. Begitu juga dengan teh. Kedua minuman ini bahkan sering dijadikan minuman penambah antioksidan saat diet.

Meski demikian, baik kopi maupun teh tetap tak bisa dikonsumsi kapan saja. Ada waktu-waktu tertentu di mana Anda justru dilarang mengonsumsi dua minuman ini.

Lantas, kapan saja waktu-waktu terlarang minum teh dan kopi?

1. Sore hari hingga sebelum tidur

Kafein dalam kopi dan teh memang bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Namun di sisi lain, kafein juga bisa membuat Anda kehilangan minat untuk tidur.

Mengutip Healthline, minum kopi terlalu sore bisa berpengaruh pada kualitas tidur. Sebaiknya, hindari kopi di sore hari atau di atas jam 2 siang agar Anda bisa tetap tidur nyenyak di malam hari.

2. Saat perut kosong

Teh dan kopi mengandung tanin yang bersifat asam. Bagi penderita asam lambung, minum teh dan kopi saat perut kosong di pagi hari bisa memperburuk masalah tersebut.

Mengutip Healthshots, rasa pahit kopi juga bisa memicu pelepasan asam di lambung. Kondisi ini menyebabkan mulas dan refluks asam.

3. Saat diseduh terlalu lama

Merebus atau menyeduh teh terlalu lama bisa menyebabkan kontaminan dari daun teh berpindah ke minuman.

Sementara pada kopi, penyeduhan terlalu lama bisa menyebabkan pelepasan bahan kimia yang menambah rasa pahit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *