Viral Sopir Taksi Diduga Kena ‘Angin Duduk’, Kenali Gejalanya

Viral Sopir Taksi Diduga Kena 'Angin Duduk', Kenali Gejalanya

Baru-baru ini viral di media sosial aksi sopir taksi menolong temannya sesama sopir yang sakit di jalan diduga terkena angin duduk. Sebenarnya apa itu angin duduk dan apa gejalanya?

Sebuah video viral di X memperlihatkan seorang sopir taksi yang bergerak cepat menolong temannya yang tiba-tiba sakit di jalan. Ia mengerok dan mengoleskan minyak angin ke beberapa bagian tubuh rekannya.

Dalam keterangan video disebutkan bahwa sopir tersebut hampir mengalami nyeri dada akibat ‘angin duduk’.

Angin duduk sendiri adalah sebuah istilah yang menggambarkan kondisi kesehatan yang sudah dikenal sejak dulu. Dalam dunia medis, angin duduk dikenal sebagai angina pectoris.

Kondisi ini sering kali terjadi secara mendadak, terlebih ketika sedang beraktivitas berat yang membuat jantung bekerja lebih keras.

Apa itu angin duduk?

Melansir Siloam Hospitals, angina pectoris atau angin duduk seperti yang dialami sopir taksi di atas adalah kondisi nyeri dada yang terjadi karena terganggunya aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung.

Kondisi ini disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Penyumbatan pembuluh darah bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu timbunan lemak atau kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Selain itu, ada sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko angin duduk, seperti:

– diabetes
– hipertensi
– obesitas
– jarang berolahraga
– konsumsi alkohol berlebihan dan merokok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *