5 Cara Sederhana Menguatkan Tulang Kaki, Stop Konsumsi Minuman Manis

5 Cara Sederhana Menguatkan Tulang Kaki, Stop Konsumsi Minuman Manis

Menguatkan tulang kaki bisa dilakukan dengan berbagai cara. Simak sejumlah caranya berikut ini.

Tulang kaki yang sehat dan kuat tentunya bermanfaat untuk mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari.

Makanan yang dikonsumsi, termasuk sayuran dan protein, serta aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari bisa mendukung dan menjaga kesehatan tulang.

Ingat, menjaga dan membangun kesehatan tulang memang sangat penting. Hal ini harus dilakukan sejak dini, mulai dari kanak-kanak, remaja, bahkan di usia dewasa dan tua.

Melansir Healthline, saat massa tulang tidak cukup terbentuk sejak dini, maka bisa terjadi pengeroposan tulang. Dengan begini Anda lebih berisiko mengalami kerapuhan hingga patah tulang terutama di bagian kaki.

Lantas bagaimana cara menguatkan tulang kaki? Berikut caranya:

1. Makan banyak sayuran

Sayuran rata-rata mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C. Vitamin C sendiri adalah salah satu vitamin untuk menstimulasi sel-sel di bagian tulang dan menyerap banyak kalsium.

2. Lakukan latihan fisik

Melakukan berbagai latihan fisik bisa meningkatkan pembentukan tulang, sekaligus tulang kaki. Selain itu, latihan fisik juga bisa melindungi kesehatan tulang dan membuat tulang lebih padat dan kuat.

3. Berhenti merokok

Melansir WebMd, merokok bisa meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Nikotin dan berbagai bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya bisa memperlambat pertumbuhan sel di tulang, termasuk di tulang kaki.

4. Kurangi konsumsi gula

Tubuh memang tidak memerlukan terlalu banyak gula. Termasuk gula-gula yang berasal dari minuman kemasan, kue kering, dan berbagai makanan dan minuman manis lainnya.

Bahkan, gula juga bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu.

5. Berjemur

Berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D sangat disarankan. Anda bisa berjemur sambil jalan santai, kedua aktivitas ini bisa membuat tulang kaki lebih sehat.

Itulah lima cara menguatkan tulang kaki. Sederhana tapi sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *